Harta Yang Paling Berharga nan Mulia Adalah Ilmu

Kamis, 04 April 2013

Budaya "SMS"





Pada saat lepas landas penerbangan ke manca negara penulis duduk berdampingan dengan seorang dokter ahli bedah, beliau menceritakan tugas yang akan dilaksanakan di negeri orang. Perbincangan melebar kepada birokrasi perijinan untuk ke luar negeri, sampai mekanisme pencairan dana keberangkatan, yang note bene perjalanan ini adalah perjalanan dinas. Beliau mengeluh bagaimana persoalan yang semestinya sederhana menjadi rumit. Berbeda dengan beliau waktu menangani pasien, yang demi efisiensi pelayanan sering beliau membalas pesan singkat atau SMS dari pasien sambil berangkat tidur. Beliau merasa mendapatkan perlakuan tidak adil antara saat beliau melayani dengan saat beliau minta pelayanan karena keharusan.

Pembicaraan berlanjut saat kami memasuki koridor imigrasi di suatu negara, beliau dengan bangga mengatakan, lihat orang lain ini kalau memberi pelayanan sekalipun wajahnya beku bahkan kaku tetapi semua dilaksanakan dengan sigap, professional, dan tidak menyusahkan. Beda saat kita ada di negara kita sendiri, sekalipun wajah kelihatan sumringah tetapi mempersulit yang seharusnya sudah mudah.
Pengalaman di atas menjadikan penulis tersadar bahwa di tengah masyarakat kita sedang tumbuh  “anomaly budaya”, yaitu suatu keadaan perilaku masyarakat yang mengalami keonaran perilaku yang bersumber dari perilaku menyimpang dari pelaku budayanya. Ciri dari budaya ini adalah “Senang Melihat orang Susah, dan Susah Melihat orang Senang”, atau populernya disebut “budaya SMS”.
Keadaan dalam masyarakat banyak yang dapat kita jadikan tamsil, dan tamsil itu tidak berhubungan dengan label dari pelakunya; dengan kata lain tidak ada signifikansi hubungan antara variable penunjang,  apa lagi penyerta, terhadap perilaku yang ditampilkan. Dari contoh pejabat bintang empat punya kekayaan berlipat, istripun bisa empat, rumah berapatrapat, sampai roda empat berpangkat empat. Ada juga di seberang sana simiskin yang duduk dikursi lipat, makan hanya jam empat, itupun hanya ketupat, tinggal di gubuk bersegi empat. Menunjukkan perilaku yang sama, yaitu sama-sama berbudaya SMS.
Kita sangat senang jika ditemui banyak orang dengan cara antri, atau sulit ditemui karena memiliki jadwal padat, sehingga makin sulit ditemui maka makin penting jabatan yang disandangnya. Kita lupa bahwa digaji oleh rakyat dari uang pajak itu adalah untuk melayani. Tetapi karena mental senang sekali melihat orang susah, maka merasa tersanjung jika melihat orang lain menjadikan dirinya kunci dari segala kunci untuk nasib orang, dirinya seolah wakil Tuhan di muka bumi.
Mental serupa ini merambah kesemua penjuru, melanda siapa saja yang tidak sadar diri. Walhasil menjadi budaya kolektif. Untuk mengubahnya diperlukan suatu terobosan dari para pemimpin agar memberikan keteladanan dalam bertindak. Hal ini perlu dilakukan dengan segera karena jika dibiarkan, maka perilaku ini menjadi karakter yang melekat. Akibat lanjut akan menjadikan cacat sejarah yang berkepanjangan.

Data empiris menunjukkan bahwa ODMK (Orang Dengan Masalah Kejiwaan) di Provinsi ini dari kalangan PNS cukup besar, yaitu 1.371 Orang (Lampost, 2 April 2013). Data statistik ini menarik, karena jangan-jangan ini terjadi karena disumbang oleh variable di atas. Walaupun belum ada penelitian tentang ini, sebaiknya kita mencermati fenomena ini sebagai “pertanda” bahwa  Senang Melihat orang Sudah, atau Susash Melihat orang Senang adalah merupakan masalah kejiwaan. Oleh sebab itu upaya menghindarinya atau memgobatinya, peran pemuka agama adalah sangat penting. Petuah-petuah agama bukan disampaikan secara klise, akan tetapi lebih mengena secara praktis menyentuh kehidupan sehari-hari. Untuk itu mari berbenah untuk menyongsong hari esok menjadi lebih baik dari hari ini.
Kita tidak bisa mengubah masa lalu, kita juga tidak bisa mengubah sesuatu yang tidak bisa kita hindari. Satu hal yang bisa kita lakukan adalah berpegang pada Tali Alloh, yaitu Sunah NabiNYA, dan Kitab Suci TitahNYA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar